Selasa, 01 Maret 2016

Terapi sehat dengan Wudhu


-          Gerakan 1 : mencuci tangan
a.       Teknik gerakan dan terapi
Lakukan stimulan atau pijatan-pijatan dan pembersihan. Pijatan dan pembersihan kotoran dari kuku, serta stimulan dengan cara mencelah-celahi jari-jari tangan  akan meningkatkan kualitas “infa merah” tangan, yang berguna untuk membunuh bakteri atau virus, terutama mengoptimalkannya pada saat shalat. Lakukan pua stimulan itu pada punggung telapak tangan dengan cara menggeser-geserkan jari manis dipangkal tangan yang merupakan pertanda bahwa jari tersebut lancar sebagai sistem pembuangan, dan jangan lupa untuk menyentuh setiap ruas jari kiri dan kanan dengan menekankan ibu jari.
b.      Manfaat
Dengan pijatan-pijatan dan stimulan yang baik maka akan dapat membongkar pengapuran yang terjadi di semua jari termasuk penyumbatan sistem elektrik, yang bila tersumbat akan sangat mengganggu “sistem” sirkulasi.
-          Gerakan 2: berkumur-kumur
a.       Teknik gerakan dan terapi
Berkumur secara rohani bisa berarti membersihkan perbuatan tercela yang disebabkan oleh mulut seperti, mengunjing, ghibah, fitnah, berbohong, dan sebagainya. Sedangkan secara fisik adalah membersihkan mulut dari sisa makanan atau kotoran yang menghalangi atau membatalkan shalat karena menelan sisa makanan dari mulut. Lakukan berkumur-kumur dengan cara memindahkan yang ada di dalam mulut dengan cara tengadah air berada tenggoroka. Kemudian gerakan air tersebut dengan jalan menekan udara yang berasal dari dada, setelah itu keluarkan air tersebut dari mulut.
b.      Manfaat  
Dengan membersihkan mulut maka akan menyehatkan mulut karena tidak terjadi pembusukan di mulut. Pembusukan iu terjadi di lambung dengan membawa enzim pembusuk yang berasal dari mulut, sehingga kesehatan mulut dan gigi terjaga.
-          Gerakan 3: Istinsyaq
a.       Teknik gerakan dan terapi
Isap air dengan isapan yang kuat, biarkan terjadi rasa nyeri di sekitar pangkal hidung berlalu.
b.      Manfaat
Untuk membersihkan lubang hidung lebih sehat dan dengan sedotan yang kuat hingga terasa nyeri di pangkal hidung akan membantu penyembuhan yang mempunyai masalah pilek dan sinusitis.
-          Gerakan 4: Mencuci muka
a.       Teknik gerakan dan terapi
Membasuh seluruh bagian muka, mulai dari tempat tumbuh rambut kepala yang biasa sampai ke bawah dagu, dari mulai tempat anting-anting telinga yang sampai kiri. Ratakan eluruh air ke wajah dan area yang juga ditumbuhi rambut sehingga yakin bahwa air sampai ke kulit di bawah rambut tersebut.
b.      Manfaat
Melakukan gerakan tarik air dari daerah pipi ke arah atas akan mampu mengangkat pipi ke atas, sehingga akan mengencangkan posisi pipi kanan dan kiri.
-          Gerakan 5: Membasuh tangan
a.       Teknik gerakan dan terapi
Membasuh dua tangan hingga siku keduanya. Q.S. Al Maidah. Ketika sampai pada siku cari cengkungan di bawah siku kemudian gerakan menekan atau “mencongkel” sehingga terasa loncatan listrik dari arah siku.
b.      Manfaat
Dengan melakukan pijatan di daerah cekungan maka akan terjadi kotrol ke aktifan saraf di daerah jari jemari khususnya jari manis.
-          Gerakan 6: Mengusap kepala
a.       Teknik gerakan dan terapi
Dalam sebuah hadis disebutkan bagaimana cara Rasulullah Saw mengusap kepala saat wudhu, “beliau mulai mengusapkan dua tangannya dari bagian depan kepala hingga ke tengku, lalu membalikannya lagi sampai kebagian tempat beliau memulai mengusapnya.
b.      Manfaat
Menggerakkan atau mengusapkan jari ke kepala dengan cara menjarangkan jar-jari di atas kepala akan menyebabkan stimula terhadap kulit kepala. Sentuhan ini membuat aktif saraf kepala. Sehingga kesegaran di daerah kepala akan terasa.
-          Gerakan 7 : Membersihkan telinga
a.       Teknik gerakan dan terapi
Masukkan telunjuk ke lubang telinga sampai menyentuh titik memori, lalu putar ke arah atas. Putaran ini boleh dilakukan berulang kali untuk melenturkan daun telinga dan memperkuat ingatan atau sensor memori.
b.      Manfaat
Gerakan ini akan meningkatkan kualitas daya ingat dan sistem keseimbangan seseorang akan stabil.
-          Gerakan 8: membasuh kaki
a.       Teknik gerakan dan terapi
Alirkan air di atas kaki kemudian lakukan pijatan antara ruas-ruas jari kaki. Stimulan ini mampu mengaktifkan saraf di kaki sekaligus pembersihan terhadap terjadinya pengapuran awal di daerah kaki. Dengan ini pula sistem pembuangan melalui kedua kaki akan semakin baik, terutama dengan cara mengcongkel sistem saraf dekat daerah mata kaki.
b.      Manfaat
Mengaktifkan sistem pembuangan di daerah kaki dan mata kaki, sehingga penyakit pengapuran dini akan terhindari, dan bahkan membantu sistem pembuangan dari daerah paha atau dengkul melali ujung kaki


Buku rujukan :  7 sahabat, “Hikmah sehat gerakan Shalat. 2010. Jakarta: PT. Lingkar Pena Kreativa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar